Bantuan di Posko Bersama Akan didistribusikan ke Palu

Posko Bersama Relawan Kemanusiaan Sulawesi Selatan (Sulsel), di jalan Jati no. 29 Kota Makassar, senin (08/10/2018). (jendelapost/piang)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print

JENDELAPOST.COM, MAKASSAR – Posko Bersama Relawan Kemanusiaan Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berada di Sekretariat Solidaritas Perempuan Anging Mammiri (SP-AM) di jalan Jati no. 29 Kota Makassar kembali mendapat bantuan untuk korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Senin (08/10/2018) malam. Bantuan tersebut datang dari Kabupaten Bulukumba yang dibawa dengan 2 mobil pick up.

Bantuan tersebut berupa 200 kardus air mineral, 100 Kg beras, 4 kardus mie instan, 2 kardus sambal goreng, dan 3 karung pakaian. Ada juga bantuan yang masuk dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) berupa bahan makanan, air mineral, dan susu kental manis.

Bantuan yang masuk di Posko Bersama akan dibawa pada Selasa (09/10/2018) pagi dengan 2 truck kontainer ke kota Palu Sulawesi Tengah. Barang bantuan tersebut akan dibawa ke 2 posko berbeda di kota Palu, antara lain ke Posko Induk  Sulteng Bergerak dan ke Posko Perempuan dan Anak.

Para relawan pun memisahkan dan menandai barang-barang yang akan dibawa ke kedua posko tujuan. Misalnya memisahkan barang-barang seperti susu formula, popok, dan pembalut untuk dibawa ke Posko Perempuan dan Anak. Selain barang-barang yang menyangkut keperluan perempuan dan anak, barang-barang berupa makanan juga dibagi untuk keperluan di kedua posko.

Bantuan yang akan didistribusikan ke Kota Palu, pada Selasa (09/10/2018).

Rina selaku koordinator Posko Bersama mengemukakan bahwa barang-barang yang dibawa selanjutnya hanya bantuan yang berupa makanan, air mineral dan barang-barang non-pakaian. Hal ini dilakukan berdasarkan koordinasi dengan posko induk di Palu yang mengatakan barang-barang berupa makanan, air mineral, serta keperluan anak dan perempuan harus diprioritaskan.

“Barang-barang yang dibawa besok hanya barang yang berupa makanan, air, popok, dan pembalut untuk perempuan. Kami dapat kabar dari posko induk, kalau barang-barang tersebut harus diutamakan. Jadi, bantuan berupa pakaian akan dikirimkan pada pengiriman selanjutnya”, jelas Rina.

Baca juga:  Pendirian Posko KNPA: Pendistribusian Diharapkan Lebih Cepat

Bantuan yang masuk ke Posko Bersama terbilang cukup banyak. Dalam beberapa hari terakhir bantuan terus berdatangan. Bahkan ruang untuk menampung barang-barang bantuan sudah penuh. Maka barang-barang yang belum didistribusikan pada pengiriman nanti serta barang yang belum tersortir, dibawa ke kantor LAPAR Institute di jalan Toddopuli 8, Kota Makassar.

Barang tersebut diangkut dengan motor 3 roda yang dapat mengangkut banyak barang. Barang diangkut bergiliran 3 kali pada senin sore sekitar pukul 15.00 WITA.

Bantuan yang akan didistribusikan ke Kota Palu, pada Selasa (09/10/2018).

“Barang yang dibawa itu cuma pakaian, apalagi pakaian belum akan dibawa, juga yang dibawa pakaian-pakaian yang belum disortir. Tadi barangnya diangkut bergiliran 3 kali pakai motor 3 roda. Dibawa barangnya dulu kesana (kantor LAPAR Institut) karena akan datang bantuan dari Bulukumba berupa bahan makanan dan 200 kardus air mineral “, ungkap Rina saat ditanya mengenai pemindahan sementara barang bantuan ke kantor LAPAR Institute sesaat setelah barang diangkut.

Selain mendapat bantuan berupa barang, relawan di Posko Bersama juga mendapat donasi dari berbagai lapisan masyarakat untuk membeli kebutuhan-kebutuhan bagi korban bencana. Maka relawan di Posko Bersama juga sempat membeli barang-barang kebutuhan pada Minggu (07/10/2018) untuk dibawa ke Kota Palu pada pengiriman selanjutnya.(*)

 

Reporter: M Alfian Arifuddin
Editor: Ahmad Mukhlis .H

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print

Dukung kami, untuk terus membangun suatu konsep penyajian informasi yang kritis dan menyegerakan perubahan sosial.

Artikel Terkait

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.