Deklarasi Komunitas Literasi Lima, Mengajak Para Pegiat Literasi se-Sulselbar

Komunitas Literasi Lima, bersama Pembicara "Bincang Ramadan", di warkop 52, Jalan Tun Abdul Rasak, Kabupaten Gowa, pada Kamis (31/05/2018) Malam.
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print

JENDELAPOST.COM, GOWA – Komunitas Literasi Lima, setelah mengagas satu komunitas bertajuk literasi, demikian Literasi Lima pun menggelar Deklarasi, dibarengi dengan Bincang Ramadan dengan mengusung tema “Iqra: Baca Apa?”, dengan mengundang sejumlah komunitas Literasi se-Sulselbar, di warkop 52, Jalan Tun Abdul Rasak, Kabupaten Gowa, pada Kamis (31/05/2018) Malam.

Tajrin, ketua Literasi Lima mengatakan sesaat memberi sambutan dalam Deklarasi tersebut, “Literasi Lima didirikan oleh sejumlah mahasiswa yang tergabung dari beberapa Kampus di Makassar dan Gowa, melihat kondisi birokrasi kampus yang semakin menekan dan membatasi kebebasan berekspresi mahasiswanya serta minimnya minat membaca, inilah latar belakang kami mendirikan Komunitas Literasi Lima”, ungkapnya.

“Melalui wadah ini, kami berupaya terus menarik minat membaca dan kepekaan masyarakat, terkhusus juga Mahasiswa dalam memahami persoalan sosial. Dalam hal ini, seperti semakin melemahnya kekuatan mahasiswa dalam memahami ketimpangan, baik dalam pendidikan, sosial, dan lainnya. Di lain sisi, misalnya, menipisnya budaya membaca, menulis, meski hal ini tidak terjadi pada semua kalangan, upaya kami adalah terus menjaga kegemaran membaca itu terus terbudaya dan tumbuh”, ujar Andi Rizal, salah seorang pengurus Literasi Lima kepada JendelaPost, saat ditemui di lokasi.

Seusai deklarasi, kegiatan ini kemudian dilanjut dengan bincang Literasi, Komunitas Literasi Lima mengundang beberapa pembicara dalam bincang literasi tersebut, diantaranya, Andika Mappasomba, salah seorang Seniman dan Budayawan Sulsel, Aidil Pananrang penulis: “Esok Lusa Langit Tak Lagi Biru”, Ridwan Alimuddin Volunteer Armada Pustaka Sulbar, Putri Utami Muis salah seorang tokoh perempuan Sulselbar dan Nurcholis Lamau selaku redaktur Kabar.News.

Kegiatan ini memancing sejumlah Mahasiswa dan komunitas Literasi di Kota Makassar dan Gowa, turut hadir memeriahkan jalannya diskusi bertajuk bincang litersai tersbut, hingga deklarasi dan bincang Ramadan usai pada pukul 02:00 dinihari.

Baca juga:  Aliansi AMSUKA Menuntut Kembalikan Lahan Produksi Petani yang Dirampas dan Segera Wujudkan Reforma Agraria

“Harapannya kami dari pengurus dapat membumikan atau mendekatkan buku kepada masyarakat, mencerdaskan kehidupan bangsa hingga terwujud cita-cita kita bersama tersebut”.  Ungkap Andi Rizal, kepada JendelaPost.(*)

 

Reporter: Fajrin Kasdi
Editor: Ahmad Mukhlis .H

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print

Dukung kami, untuk terus membangun suatu konsep penyajian informasi yang kritis dan menyegerakan perubahan sosial.

Artikel Terkait

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.