Mahasiswa se-Kota Makassar Desak FRI Wujudkan Demokratisasi Kampus dan Pendidikan Gratis

Aliansi Mahasiswa se-Kota Makassar, menggelar konferensi pers di Warkop Bundu, di Jalan Hertasning, Makassar, Kamis (15/02/2018). (jendelapost/ibrahim)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print

JENDELAPOST.COM, MAKASSAR – Forum Rektor Indonesia (FRI) akan kembali mengadakan pertemuan di Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar pada hari Jumat (16/02/2018). Agenda tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi yang didampingi jajaran kementerian, salah satunya adalah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Terkait dengan itu, mahasiswa se-Kota Makassar yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa se-Kota Makassar menggelar konferensi pers di Warkop Bundu, Jalan Hertasning, Makassar, Kamis, (15/02/2018).

“Konferensi pers ini dilakukan untuk menyikapi berbagai persoalan yang kerap terjadi di dunia pendidikan. Diselenggarakannya FRI ini adalah langkah perguruan tinggi untuk melegitimasi kebijakan-kebijakan liberalisasi pendidikan, di antaranya adalah memahalkan biaya pendidikan”, Ujar Mudabbir selaku Presiden Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM).

Sementara Askar Nur selaku Presiden Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) mempersoalkan kebiiakan-kebijakan yang menyalahi beberapa aturan. Semisal Drop Out (DO), skorsing akademik dan pembungkaman demokrasi yang terus terjadi di perguruan tinggi. Selain itu juga bagaimana kampus semakin menonjolkan aturannya yang sangat bertentangan dengan Kebebasan Berekspresi Mahasiswa.

Askar Nur juga menambahkan kepada Jendela POST, “dengan adanya pak jokowi dan Kemenristekdikti di Makassar, agar tuntutan kami dipenuhi. Mewujudkan pendidikan gratis dan demokratisai kampus. Kalau aspirasi kami tak dapat dipenuhi dan tak bisa berdialog pada pertemuan Forum Rektor Indonesia, kami akan lanjutkan dengan demonstrasi besar-besaran”.

Sementara itu informasi terakhir yang diperolah Jendela POST, Mahasiswa se-Kota Makassar (Aliansi UNHAS Bersatu, BEM UNM, Dema UINAM, FMN Cabang Makassar, FMK Makassar, Srikandi, UNIFA, PNUP, Fosis UMI) akan menggelar aksi pada Jum’at 16 Februari 2018, jika sampai pada pukul 14.20 sore tidak ada Itikad baik dari FRI dan Kemenristekdikti memberikan ruang mahasiswa untuk terlibat dalam agenda Forum Rektor Indonesia (FRI). [*]

Baca juga:  Bantuan di Posko Bersama Akan didistribusikan ke Palu

 


Reporter: Ibrahim Rangga M
Editor: Ahmad Mukhlis H


 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print

Dukung kami, untuk terus membangun suatu konsep penyajian informasi yang kritis dan menyegerakan perubahan sosial.

Artikel Terkait

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.