Menebar Literasi dikalangan Petani

Suasana Belajar Baca Tulis masyarakat Desa Pao, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Minggu (31/12/2017) malam. (jendelapost/piang)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print

JENDELAPOST.COM, GOWA – Ada berbagai cara orang-orang dalam menyambut tahun baru. Hampir keseluruhan perayaan tahun baru dimeriahkan dengan suara kembang api dan terompet. Namun hal ini berbeda dengan yang dilakukan oleh masyarakat di Dusun Pattallassang, Desa Pao, Kecamatan Tombolo Pao, yang tidak ikut dalam euforia perayaan malam tahun baru 2018 seperti biasanya, Gowa, Minggu (31/12/2017) malam.

Masyarakat dusun Pattallassang mengisi malam tahun baru kali ini dengan membuka kelas baca dan tulis, khususnya bagi masyarakat yang buta huruf. Hampir seluruh masyarakat yang menghadiri kegiatan ini adalah orang tua yang berumur sekitar 45 sampai 60 tahun.

Terlihat masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kelas tersebut. Terbukti dengan hadirnya belasan masyarakat dusun Pattallassang yang merasa perlu untuk belajar membaca. Apalagi hampir seluruh masyarakat dusun Pattallassang adalah petani, yang tak jarang bertemu dengan berbagai macam persuratan atau dokumen, seperti surat tanah, dll. Kemampuan baca-tulis dianggap sangat penting bagi masyarakat. Hal ini diharapkan mampu memandirikan petani dan tidak lagi dibodohi oleh pihak-pihak yang sering memanfaatkan petani.

Pak Dusing, sebagai salah satu tokoh masyarakat mengungkapkan bahwa “belajar membaca sangat membantu bagi saya. Jika saya sudah lancar membaca dan menulis, saya akan mengajarkan kepada masyarakat yang lain”. Demikian juga dengan Ibu Mira, juga salah satu warga masyarakat dusun Pattallassang, yang sangat giat dan bersemangat menikmati jalannya proses kelas belajar baca dan tulis tersebut.

Ibu Mira merasa senang dengan adanya kelas belajar di Desanya. Inisiatif warga desa untuk membuka kelas baca-tulis mempermudah warga untuk belajar karena tidak adanya paksaan dari pihak manapun. Tidak seperti sekolah-sekolah pada umumnya yang bersifat memaksa sehingga asupan pengetahuan menjadi terhambat dan sulit untuk diterima oleh peserta didik.

Baca juga:  Demi Reforma Agraria Sejati, AMSUKA Mengemas Konsolidasi Dengan Panggung Ekspresi

Kelas ini diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin warga disetiap akhir pekan. Dengan rutinitas baru di setiap akhir pekan, akan memacu warga untuk tetap belajar dan cepat dalam menangkap pelajaran yang disampaikan. Selain itu, Kelas baca-tulis yang dilaksanakan oleh warga dusun Pattallassang Desa Pao ini mengingatkan kita dengan yang dilakukan oleh masyarakat Kuba di bawah pemerintahan Fidel Castro.

Di pertengahan Abad 20, saat tampuk kekuasaan berhasil diambil alih dari rezim Batista, Kuba pertama kali mengkampanyekan ‘Gerakan Melek Huruf’ kepada petani-petani di pedesaan. Kebijakan ini dilakukan untuk menekan tingkat buta huruf di kuba yang cukup tinggi. Pemerintah Kuba pun menerjunkan pengajar ke desa-desa.

Dalam kurun waktu dua tahun, Kuba berhasil meningkatkan tingkat melek huruf menjadi 96% yang awalnya hanya sebesar 60% di tahun 1959. Dengan meningkatnya tingkat melek huruf, kualitas pendidikan di Kuba juga semakin meningkat. Kuba telah menjadi salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan yang terbaik di Dunia dan mempengaruhi peningkatan perekonomian Kuba.

Dengan berjalannya kelas baca-tulis di Dusun Pattallasaang Desa Pao secara rutin, semoga inisiatif masyarakat untuk belajar dapat tertular ke desa-desa lain hingga ke berbagai pelosok negeri, sehingga dapat meningkatkan tingkat melek huruf di Indonesia dan tujuan pendidikan untuk memanusiakan-manusia dapat terwujud. Seperti yang diungkap oleh Jose Marti: “pendidikan adalah jalan menuju kebebasan”.(*)


Reporter: M. Alfian Arifuddin
Editor: Ahmad Mukhlis H


Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print

Dukung kami, untuk terus membangun suatu konsep penyajian informasi yang kritis dan menyegerakan perubahan sosial.

Artikel Terkait

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.